Apakah Es Krim Haagen Dazs Halal? Cek Faktanya Disini!

Sebenarnya es krim Haagen Dazs halal atau enggak sih? Barangkali mungkin itu pertanyaan yang ada pada benak Anda saat ini. Apalagi jika Anda merupakan penikmat es krim.

Sangatlah wajar jika Anda memiliki pertanyaan tersebut, karena memang sudah selayaknya seorang muslim mengetahui status kehalalan suatu makanan sebelum mengonsumsinya.

Karena itu, di artikel ini kami akan mengupas status kehalalan es krim haagen dazs berdasarkan berbagai fakta yang ada di lapangan.

Mengenal Es Krim Haagen Dazs

Es Krim Haagen Dazs adalah salah satu brand es krim premiun ternama di dunia. Mengutip dari en.wikipedia.org, brand ini didirikan oleh Reuben dan Rose Mattus di The Bronx, New York, pada tahun 1960. Hingga saat ini, Haagen Dazs telah tersedia di lebih dari 70 negara yang ada di dunia.

Di Indonesia sendiri, Haagen Dazs diimpor dan dikelola oleh salah satu perusahaan raksaksa yaitu MRA Group. MRA Group adalah perusahaan konglomerat dengan unit usah pada bidang majalah, ritel, hotel, penyiaran, makanan dan minuman, gaya hidup, hiburan dan perusahaan otomotif yang didirikan pada tahun 1993.

Sebagai es krim premiun, Haagen Dazs menggunakan bahan-bahan alami yang berkualitas serta menghindarkan zat pewarna dan perasa buatan dalam setiap es krim. Rasanya murni didapatkan dari buah-buahan premium dan tanaman sesuai rasa es krim tersebut.

Misalnya untuk rasa strawberi, buah tersebut didatangkan langsung dari Polandia. Rasa green tea, tehnya diimpor dari Jepang. Untuk rasa coklat, coklatnya dihadirkan langsung dari Belgia.

Adapun untuk bahan-bahan alaminya, es krim asal New York ini hanya menggunakan lima bahan di antaranya seperti kuning telur, susu alami, krim segar, gula asli dan perasa alami.

Saat ini, es krim haagen dazs telah memiliki lebih dari 32 gerai yang tersebar di berbagai daerah. Penyajiannya disajikan dalam berbagai bentuk dan ukuran dengan rasa yang beragam. Tak hanya itu, es krim ini pun tersedia dengan kemasan cup, sandwich dan stick.

Melihat dari berbagai fakta di atas yang sudah kami tampilkan, lantas bagaimana status kehalalannya?

Es Krim Haagen Dazs Halal?

Untuk memastikan status kehalalannya, kami telah mencoba melakukan penelusuran ke beberapa situs terkait. Dalam hal ini kami telah mengunjungi situs resminya, beberapa situs halal internasional, situs resmi MUI, dan situs dewan halal Amerika Serikay. Berikut hasilnya,

Status Kehalalan Menurut Produsen

Saat kami membuka website resminya yaitu icecream.com, disana kami tidak mendapati adanya klaim halal dari pihak produsen. Justru disana kami menemukan fakta bahwa di beberapa es krimnya terdapat kandungan alkohol dibawah 0,5%.

Hal ini dikuatkan dengan temuan kami di salah satu situs halal internasional yaitu itshalalorharam.com, disana kami menemukan ada screenshot percakapan antara admin Isthalalorharam.com dengan pihak Haagen Dazs.

Dari jawaban pihak produsen tersebut, dapat diambil beberapa poin penting. Diantaranya:

  • Haagen-Dazs tidak secara khusus bersertifikat Halal, namun ia dibuat dengan proses yang memenuhi persyaratan sanitasi dan kualitas yang sangat ketat.
  • Satu-satunya produk hewani dalam produk Haagen-Dazs adalah krim segar, susu, dan kuning telur. Dan tak satu pun bahan hewani kami berasal dari babi.
  • Beberapa varian es krim mengandung alkohol dibawah 0,5% per 100 ml.
  • Beberapa es krim yang memiliki rasa vanilla mengandung alkohol dibawah 0,2%.

Status Kehalalan Menurut MUI

Di bagian sebelumnya, sudah sangat jelas bahwa beberapa es krim dari Haagen Dazs mengandung alkohol dibawah 0,5%. Apakah hal tersebut menjadikan es krim ini haram?

Berdasarkan fatwa MUI nomor 10 Tahun 2018, disana tertulis dengan jelas bahwa:

  • Produk minuman non fermentasi yang mengandung alkohol/etanol kurang dari 0.5% yang bukan berasal dari khamr hukumnya halal, apabila secara medis tidak membahayakan, seperti minuman ringan yang ditambahkan flavour yang mengandung alkohol/etanol.
  • Khamr yang dimaksud MUI disini adalah setiap minuman yang memabukkan, baik dari anggur maupun yang lainnya, baik dimasak maupun tidak.

Dari fatwa diatas, meskipun Haagen Dazs mengandung alkohol, tetapi karena kadar alkoholnya dibawah 0,5%, maka masih dapat dihukumi sebagai hidangan yang dapat dikonsumsi.

Yang jadi pertanyaan berikutnya adalah, apakah Haagen Dazs sudah tersertifikasi halal? Hingga saat ini ketika kami membuka situs cek halal milik MUI, dan menggunakan kata kunci Haagen Dazs, disana kami tidak menemukan adanya sertifikat halal atas es krim tersebut.

Status Kehalalan Menurut Dewan Halal Amerika Serikat

Meskipun belum mendapatkan sertifikat halal dari MUI, Haagen Dazs telah mendapatkan sertifikasi halal dari dewan halal Amerika Serikat (IFANCA) yang notabene merupakan negara tempat es krim ini berasal. Hal ini sebagaimana yang kami dapatkan ketika mengunjungi laman resminya yaitu ifanca.org.

Saat kami menggunakan kata kunci Haagen Dazs, disana terdapat 469 produk Haagen Dazs yang telah mendapatkan jaminan kehalalan.

Untuk Anda ketahui, IFANCA merupakan salah satu dewan halal yang telah diakui oleh MUI. Sehingga, apabila ada suatu produk yang dihalalkan IFANCA, maka produk tersebut diakui juga kehalalannya oleh MUI.

Bukti bahwa IFANCA diakui MUI, lengkapnya dapat dilihat di link ini

Namun, ada beberapa varian es krim dari Haagen Dazs yang memang dihukumi haram oleh IFANCA. Hal ini berdasarkan apa yang kami kutip dari situs thehalallife.co.uk. Berikut listnya:

  • Baileys Original Irish Cream
  • Rum Raisin
  • PiƱa Colada Tub
  • Lime Mojito Sorbet Tub

Nah, sekarang Anda tinggal beli saja varian produk yang sudah terjamin kehalalannnya. Kami sudah pilihkan toko penjual es krim Haagen Dazs yang recommended. Klik saja langsung!

BELI ES KRIM HAAGEN DAZS

Kesimpulan

Dengan demikian, jika Anda bertanya apakah es krim Haagen Dazs halal atau tidak, maka jawabannya adalah halal menurut IFANCA. Hanya saja, ada beberapa varian haram sebagaimana yang telah kami sebut di atas.

Wallaahu A’lam

Temukan Status Halal Produk Lain:

Mixue

Rum Raisin